Minggu, 29 September 2013

JURNAL MER BACT #3

STRATEGI PEMASARAN

Bisnis Ritel Merupakan aktivitas Bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir.pada perkembangannya kini bisnis ritel di indonesia mulai bertranfarmasi dari bisnis ritel tradisional menuju bisnis ritel modern.perkembangan bisnis ritel modern di indonesia sudah semakin menjamur di hampir seluruh wilayah indonesia,hal tersebut dapat di lihat dari banyak nya toko toko ritel modern yg membuka cabang di berbagai daerah di indonesia
  Setelah saya memperhatikan dan mengamati beberapa toko ritel di daerah saya kesuksesan suatu usaha terletak di dalam beberapa hal berikut ini yaitu :

1 LOYALITAS KONSUMEN yg berarti kesetiaan konsumen untuk berbelanja di lokasi ritel tertentu.memiliki konsumen yg loyal Adalah Metode yg penting dalam mempertahankan keuntungan dari para pesaing jika memiliki konsumen yg loyal berarti konsumen memiliki keenganan untuk menjadi pelangan pesaing
2 ) LOKASI adalah faktor utama dalam pemilihan untuk konsumen,ini jg keunggulan bersaing yg tidak mudah di tiru contohnya star bucks mereka menciptakan keberadaan pasar yg sulit untuk di saingi,mereka selalu menentukan lokasi yg selalu strategis,pemilihan lokasi yg tepat merupakan komitmen sumber daya jangka panjang yg dapat mengurangi fresibilitas masa depan ritel itu sendiri.lokasi bisa mempengaruhi pertumbuhan bisnis ritel di masa yg akan datang dan area yg dipilih harus mampu untuk tumbuh dari segi ekonomi sehingga dapat mempertahankan kelangsungan toko saat awal atau pun masa yg akan datang.penentuan lokasi dalam bisnis ritel dapat di mulai dgn memilih komunitas keputusan ini sangat bergantung pada potensi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas maupun persaingan serta iklim politik itu jg geografis sangat menentukan.
3 ) MANAJEMEN (SDM) SUMBER DAYA MANUSIA
Bisnis tenaga kerja intensif para pegawei memiliki peranan penting dalam memberikan layanan pada konsumen dan membangun loyalitas konsumen.
4 ) SISTEM DISTRIBUSI Dan INFORMASI
Saya melihat ritel berusaha untuk mengelola usaha secara efesien mereka terus memenuhi kebutuhan konsumen, memberikan harga lebih baik dari harga pesaing nya atau memutuskan mengunakan kesempatan guna menarik perhatian konsumen dari para pesaing dengan menawarkan jasa barang dan penyajian visual yg lebih baik.
5 ) BARANG DAGANGAN YANG UNIK : didalam usaha ritel sebagian menyadari keunggulan bersaing yg dapat di pertahankan dan bertahan lama yaitu dengan mengembangkan merk"Berlabel privat ( Disebut Merk Toko ) merupakan produk yg di kembangkan dan di pasarkan oleh ritel dan hanya tersedia di ritel tersebut.
6 ) HUBUNGAN PARA PEDAGANG : Dengan memperkuat hubungan dengan para pedagang bisa mendapatkan hak esklusif misalnya : - Untuk menjual barang barang di suatu daerah
- Untuk memperoleh Barang terbaik dan pengiriman yg singkat cepat dll,dan layanan terhadap konsumen  ritel harus mengembangkan secara komprehensif bentuk layanan yg akan di berikan kepada pelangan.
7 ) LAYANAN KONSUMEN : Membutuhkan waktu dan usaha dalam membangun sebuah tradisi dan reputasi untuk layanan konsumen karena layanan konsumen yg bagus adalah Aset strategis yg sangat berharga,menjual berbagai macam barang dengan harga yg murah dan memberikan pelayanan yg minimum, ramah, tempat yg nyaman dan mudah di jangkau.

Ini Hasil survei saya dalam Mengamati strategi Pemasaran apa yg di gunakan " STAR BUCKS CAFFE " dalam mencapai kesuksesannya Membangun usaha dan Mempertahankannya..... !!

   Budaya minum kopi terutama di pagi hari sangatlah khas kita dengar setiap harinya dan ini tidak hanya di pagi hari saja melainkan saat istirahat siang ataupun ketika menghabiskan waktu bersantai sore hari kopi selalu menjadi teman setia banyak orang.budaya yg awalnya hanya di barat inipun muncul sebagai salah satu kebutuhan yg tidak terlepaskan dalam kehidupan sehari hari terutama para pencinta kopi.meningkatnya permintaan akan kopi memancing munculnya berbagai Brand dan kedai kedai kopi di sekitar kita
Pengunjung kedai kedai ini pun tidaklah sedikit begitu pula dengan keuntungan yg di dapat oleh produsen namun tidak semua pengunjung adalah penikmat kopi melainkan hanya srkedar mencari suasana atau bahkan untuk menunjukan status sosial.jika di tarik kesimpulan bahwa budaya minum kopi itu sendiri telah berkembang tidak hanya sebagai pemuas kebutuhan para pencinta kopi saja tetapi jg muncul sebagai trend atau gaya hidup tersendiri
  STAR BUCKS CAFFEE merupakan kedai kopi yg sangat terkenal di dunia,jumlah kedai starbucks telah mencapai lebih dari sepuluh ribu gerai kedai kopi yg tersebar di seluruh dunia.Brand yg berasal dari Amerika tidak hanya menawarkan kwalitas tinggi di setiap produknya tetapi jg mengedepankan kesenangan para pelangan melalui SERVICE dan ATMOSFER tempat yg Nyaman,tidak hanya itu starbucks jg sangat menjaga kepuasan para pelangannya.banyak orang di dunia tidak terkecuali indonesia telah menjadi pengemar setia Brand yg sudah ada sejak tahun 1990 an ini dan tidak segan segan untuk mengeluarkan uang demi segelas kopi nikmat dari star bucks setiap harinya.oleh karena itu tidak heran kalau starbucks telah menjadi yg terdepan dalam bidang nya.
  Di industri ini starbucks jg mempunyai pesaing sebagai penyuguh minuman kopi diantaranya yaitu: Coffe Bean, Dunkin Donnuts, Begawan solo Coffe,Mac Coffe dan masih banyak lagi.di dalam menghadapi maraknya persaingan starbucks tetep berpegang teguh pada statemen yg di kutip dari situd resminya yaitu :" WE'RE COMITTED TO OFFERING OUR CUOSTOMERS THE WORLD'S BEST COFFE AND THE FINEST COFFEE EXPERIENCE" yg Atinya Starbucks selalu menjanjikan kwalitas terbaik untuk pelangan dalam setiap produknya".
Menurut survei kecil yg saya lakukan dgn mendatangi tempatnya langsung dan jg bertanya kebeberapa orang mengenai starbucks dan pesaingnya menunjukan bahwa hampir semua responden menjawab tetep memilih starbucks di bandingkan para pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan akan kopinya ataupun sekedar tempat bersantai.hasil survei ini menunjukan meskipun pars pesaing starbucks menawarkan produk yg hampir serupa jenisnya,suasana yg dibuat serupa contohnya: Dengan memberikan soffa dan lainnya dan bahkan menawarkan dgn harga yg lebih murah tetap saja para responden lebih memilih star bucks dgn berbagai alasannya dan salah satu alasan nya antara lain adalah karena kebanyakan orang lebih pertama mengenal starbucks sebagai pilihan tepat dalam urusan kopi ( positioning ) ingin minum kopi pastilah starbucks yg di tuju.selain itu starbucks lebih mudah di jangkau dan di temukan ( place ) karena jumlah starbucks sangat banyak terutama di mall mall atau di tempat keramaian lainnya.lokasi yg strategis untuk memasarkan dan menjual produk sangat menentukan tingkat penjualan produk dan keberhasilan suatu usaha,lokasi yg tepat,nyaman,mudah di temukan dan di jangkau itulah yg di inginkan oleh konsumen.

   " salam Enterpreneur "

By : Ikka Indah S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar